Keindahan Gunung Hauk 1325 MDPL, Atap Tertinggi Balangan Kalimantan Selatan

Gunung Hauk, Balangan – Hallo sahabat pecinta alam, sudahkah Anda berwisata alam ke Gunung Hauk atau Puncak Hauk 1325 Mdpl yang merupakan gunung tertinggi di Balangan sekaligus puncak gunung tertinggi ke-tiga di Kalimantan Selatan satu ini? 

Gunung Hauk 1325 Mdpl, Gunung Hauk Balangan

Lokasi Gunung Hauk secara administratif berada di Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan. Gunung yang menjulang tinggi di langit kota Balangan dan yang juga merupakan rangkain dari pegunungan Meratus ini menyimpan keindahan alam yang tiada dua. Jika Anda bosan dengan wisata alam yang itu-itu saja, maka berwisata ke Gunung Hauk merupakan pilihan yang tepat.

Mengenal Gunung Hauk


Gunung Hauk merupakan tempat sakral atau keramat bagi warga Dayak Pitap yang bermukim di sekitarnya. Beragam upacara adat Dayak sering dilakukan di sana. Puncaknya biasa digunakan sebagai tempat sesajen atas panen raya atau hajat yang telah dikabulkan oleh Sang Pencipta.
Jalur Pendakina Gunung Hauk, Gunung Hauk Balangan,

Dan sudah jadi rahasia umum kalau gunug-gunung di Indonesia memiliki banyak mitos tak terkecuali Gunung Hauk di desa Ajung ini. Adapun mitos yang ada di Gunung Hauk yaitu “Hujan Rutin”. Setiap pendaki akan selalu menemui hujan atau kehujanan apabila mendaki ke sana, meskipun pendakian itu dilakukan dimusim kemarau yang panjang sekalipun.

Masyarakat di sana meyakini bahwa para pendaki tersebut dimandikan air hujan agar selalu bersih ketika sudah berada di tempat yang dianggap sakral/ keramat tersebut. Mitos tersebut sampai sekarang masih dipercayai oleh masyarakat setempat, dan sejatinya kita pun patut menghormati kepercayaan mereka itu.


Keindahan dan Daya Tarik Gunung Hauk 1325 Mdpl

Dibalik mitosnya yang menarik untuk diselami lebih mendalam, gunung Hauk ternyata menyimpan pesona geowisata yang sangat potensial. Gunung Hauk menyuguhkan suasana pemandangan indah sepanjang perjalan hingga klimaksnya berada di puncaknya.


Gunung Hauk, Puncak Hauk, Jalur Pendakian Gunung Hauk 1325 Mdpl


Akses atau Rute Menuju desa Ajung Gunung Hauk

Untuk mendaki Gunung Hauk, tentunya Anda harus menuju desa Ajung terlebih dahulu yang merupakan desa terkahir di kaki Gunung Hauk. Desa Ajung bisa dicapai melalui perjalan darat, bisa mulai dari Barabai-Birayang HST, ataupun Paringin/ Balangan. Jarak dari kedua kota tersebut kira-kira 45 Kilometer atau sekitar 1-2 jam perjalan mengendarai motor. Dari 45 Kilomter tersebut, sekitar 7 kilometer sebelum mencapai desa Ajung jalan yang akan dilewati cukup sakit, jalannya masih belum beraspal dan kontur jalan berbatu turun naik bukit kecil.

Jalur Pendakian Gunung Hauk

Sebelum memutuskan untuk mendaki Gunung Hauk, para pendaki sebaiknya untuk melapor dan meminta izin kepada Kepala Desa atau tetua Dayak yang mendiami Desa Ajung agar meminimalisir segala hal buruk yang berkemungkinan terjadi. Jika sudah, track pendakian pun bisa Anda dan kawan-kawan mulai.

Gunung Hauk, Puncak hauk 1325 Mdpl, Mendaki Gunung Hauk

Desa Ajung menuju shelter 1 (Batu Ajung)

Dari Desa Ajung desa terakhir di Kaki Gunung Hauk, untuk mencapai shelter 1 yakni Batu Ajung dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Jalan yang dilalui masih terbilang banyak yang landai, sehingga tidak terlalu menguras tenaga. Sesampainya di Batu Ajung Anda akan menjumpai sungai Ajung yang harus Anda seberangi agar bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak. 


gunung-hauk-1325-mdpl

Sungai  yang lebarnya sekitar 18-20 meter ini airnya sangat jernih dan segar, hanya saja di beberapa titik arusnya lumayan deras. Jadi, Anda harus hati-hati saat menyebranginya, ketinggian air sungainya mulai dari lutut hingga paha orang dewasa. Dan bisa saja makin surut atau sebaliknya bertamabah dalam dan deras, tergantung musim juga sih. Jika tidak memungkinkan, kita bisa menggunakan tali biar safety!

Batu Ajung menuju shelter 2 (Sungai Habang)

Setelah menyebarangi sungai Ajung, rute pendakian mencapai Puncak Gunung Hauk selanjutnya menuju shelter Sungai Habang sekitar 2 jam-an lamanya. Track menanjak akan semakin semakin sering Anda temui dan harus dilewati.

Sesuai namanya “Sungai Habang" mata air di sana berwarna agak kemerahan, namun jika diambil airnya akan terlihat bening dan aman untuk dikonsumsi maupun dimandikan.

Kayu Habang, Sungai Habang, Gunung Hauk 1325 Mdpl

Masih satu kawasan dengan Sungai Habang, di sana juga terdapat deretan kayu habang. Kayu habang merupakan spot favorit para pendaki untuk bermain hammock dan berfoto ria tentunya. Sesuai namanya juga “kayu habang” pohon-pohon di sana didominasi pepohonan berwarna merah karena kulitnya rata-rata terkelupas baik itu pohon yang besar maupun kecil. Suasana perisitirahatan yang indah nan sejuk membuat para pendaki sulit tak mampir di shelter ini 

Sungai Habang menuju shelter 3 (Mata Air)

Nah, dari Sungai Habang menuju shelter Mata Air yang merupakan shelter 3 ini sudah sangat terasa tanjakan beratnya. Tapi jangan khawatir pemandangannya turut semakin eksotis kok.

Shelter 3 menuju puncak

Okay sudah di shelter 3 yah! Dari sini track menantang kian menegangkan otot-otot kaki. Jalur pendakian yang diselimuti pepohonan besar dan menjulang tinggi akan menjadi teman mendaki Anda, hanya saja suasana hati mulai gembira dan bersemangat karena sudah tak terlalu jauh lagi dari puncak Gunung Hauk. Jangan lupa abadikan moment fose di jalur ini yah! 

Deretan pepohonan eksotis telah terlewati, selanjutnya jalan setapak dan berbatu sudah menghadang Anda.


gunung-hauk-balangan-kalimantan-selatan

Medan ekstrim tersebut wajib Anda lewati dengan eksta hati-hati karena di salah satu sisinya adalah jurang. Tapi selow saja, nikmati saja medannya. Pasalnya jalur yang lebih menantang ini diimbangi pemandangan ciamiknya.

Panoramanya sangat menawan, pohon besi, kayu ulin, tanaman anggrek langka dengan aneka warna indahnya dan yang menjadi idola para pendaki yaitu hambal lumut akan Anda jumpai. Berada di Kawasan hambal lumut di Gunung Hauk ini bak berada di atas hamparan hambal atau karpet lembut super mahal. Akan menghasilkan foto epic! 

Tinggal sedikit lagi! jika Anda sudah berada di hambal lumut ini perjalanan menuju puncak kira-kira hanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.

Pemandangan Indah di Puncak Gunung Hauk 1325 Mdpl

Capek dengan keringat yang bercucuran sudah pasti melanda, tapi tetap tenang ya sahabat alam. Puncak Gunung Hauk akan mengganti pengorbanan Anda tersebut dengan keindahan yang menyejukan hati dan mata yang memandang. Keindahan alam begitu terpancar dengan nuansa hijau asrinya. Angin sepoi-sepoi tak terasa perlahan mengangkat penat akan rutinitas harian.


Momen sunset dan sunrise-nya juga begitu memanjakan dan wajib diabadikan. Pemandangan lautan awan yang eksotis di puncaknya membuat Anda serasa sedang berada di atas negri awan.


Sunrise gunung hauk, Pemandangan Gunung Hauk

Selain itu, di puncak Gunung Hauk juga terdapat tumbuhan bunga yang membentuk taman indah yang menjadi ciri khas sekaligus spot foto favorit wisatawan. Area Puncak Gunung Hauk tak terlalu luas namun memanjang, sehingga cukup untuk mendirikan puluhan tenda dan bisa lebih leluasa menikmati pemandangan alam dari berbagai sudut. 

Harga Tiket dan Fasilitas Objek Wisata Gunung Hauk

Tak ada HTM! Tidak ada harga khusus untuk bisa mendaki dan menikmati segala keindahan yang ada di Gunung Hauk, tarifnya seikhlasnya saja atau "sepambari" bahasa Banjar-nya untuk biaya parkir kendaraan yang dititipkan di rumah warga.

Jika ingin menginap sebelum atau selepas mendaki pun juga hanya tersedia rumah warga yang bisa Anda tempati secara cuma-cuma. Tap gak enak juga kan kalo gak dikasih $$$! 

Dan untuk keperluan konsumsi atau perbekalan, tersedia warung makanan oleh warga sekitar di Desa Ajung.

Tips Berwisata di Gunung Hauk

  1. Jangan merusak dan mencemari alamnya dalam bentuk apapun.
  2. Selain peralatan camping atau mendaki, persiapkan juga jas hujan untuk berjaga-jaga kalau hujan.
  3. Saat malam hari, suhu udara di puncak Gunung Hauk cukup dingin. Jadi, jangan lupa untuk membawa sleeping bag (SB), bisa juga baju hangat/ tebal seperti jaket dan sweater.
  4. Karena Gunung Hauk di Balangan ini dianggap sakral oleh masyarakat di sana, sebaiknya jaga tindakan, perkataan dan kespoanan Anda saat menjelajah alamnya.

Nah, itulah informasi singkat keindahan Gunung Hauk 1325 MDPL, atap tertinggi balangan kalimantan selatan. Yuk segera sempatkan perjalanan wisata Anda untuk menengok puncak gunung fenomenal di Kota Balangan ini.

Happy Travelling!

1 Response to "Keindahan Gunung Hauk 1325 MDPL, Atap Tertinggi Balangan Kalimantan Selatan"

  1. Updete 2018! jalan menuju kampung Ajung sudah semakin nyaman dilalui, soalnya sebagian jalan sudah bersemen.

    ReplyDelete